Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan kegiatan Taaruf bagi Mahasiswa Baru Program Magister, Jumat (17/9/2021). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting ini dihadiri oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si beserta jajaran, para Kepala Program Studi, para Dosen Magister, dan diikuti oleh para mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana tahun akademik 2021/2022.

Dr. Ir. Helmi Haris, M.S selaku Ketua Pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan, kegiatan taaruf yang terlaksana merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru program magister. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan taaruf ini para mahasiswa dapat lebih mengenal Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor.

"Puji syukur kita dapat dipertemukan pada siang hari ini, kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau yang lebih kita kenal dengan taaruf bukan hanya sebagai kegiatan seremonial rutin dalam rangka menyambut mahasiswa baru, akan tetapi sekaligus juga merupakan ajang silaturahmi antara mahasiswa baru dengan lingkungan almamater tercinta," tutur Dr. Ir. Helmi Haris, M.S yang juga merupakan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor.

Lebih jauh, Dr. Ir. Helmi Haris, M.S menyebutkan, pada kegiatan taaruf ini juga mahasiswa akan diperkenalkan dengan teknis perkuliahan, kurikulum yang digunakan, pemaparan kalender akademik, hingga pelaksanaan matrikulasi dan kegiatan lainnya dengan tujuan untuk lebih mempermudah proses adaptasi mahasiswa baru.

"Perlu kami laporkan bahwa kegiatan taaruf pada tahun ini diikuti oleh semua mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana yang terdiri dari 36 mahasiswa. Jika dilihat dari latar belakang para mahasiswa baru cukup bervariasi dan beragam. Sebagai kampus bertauhid, kita memiliki motto, yakni menggenggam dunia meraih akhirat. Artinya harus ada keselarasan kehidupan dunia dan kehidupan akhirat," jelasnya

Sementara itu, Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si mengemukakan, menjadi mahasiswa program magister berbeda dengan mahasiswa program strata-1 sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu benar-benar dipersiapkan, baik itu waktu maupun mental diri untuk dapat menyelesaikan perkuliahan tingkat strata-2.

"Apa yang ada di Sekolah Pascasarjana, tentu berbeda dengan pada saat Bapak, Ibu, Saudara berkuliah di tingkat S1. Pada tingkat S2, Bapak, Ibu, Saudara diharapkan menjadi lebih aktif berdiskusi, harus bisa mengaplikasikan teori dan memecahkan masalah sosial di sekitar kita. Sehingga menjadi mahasiswa S2 cerdas saja tidak cukup, tetapi juga harus rajin, tekun, mampu dan cepat beradaptasi dengan lingkungan," ujarnya.

Selanjutnya, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si memaparkan mengenai sejarah pendirian dan profil Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor, profil para dosen dan lulusan, matrikulasi, kegiatan perkuliahan, serta sinopsis penelitian.

"Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah SWT akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga. Maka dari itu mari kita luruskan niat agar segala sesuatunya mendapat ridho Allah. Prestasi hebat dan pencapaian besar mulai dari sini, insyaAllah," ucapnya.

Pada sesi berikutnya, kegiatan taaruf dilanjutkan dengan simulasi pengisian KRS dan penggunaan Learning Management System (LMS). Lalu pemaparan mengenai Program Studi Magister Hukum, Magister Administrasi Publik, dan Magister Teknologi Pangan oleh masing-masing Ketua Program Studi.