PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL KEMENRISTEK LPPM UNIVERSITAS DJUANDA

Ahmad Fadil - 17 Sep 2016

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL KEMENRISTEK LPPM UNIVERSITAS DJUANDA

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional tahun 2016 yang Diselenggarakan Oleh Kemenristekdikti dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda Bogor

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL

Kamis, 15 September 2016

Dosen-dosen dari universitas seluruh Indonesiaberbondong-bondong mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional Tahun 2016. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda Bogor.

Pelatihan ini diselengarakan selama tiga hari tanggal 15 – 17 September 2016 di Mirah Hotel Bogor.Pembukaan acara ini dilakukan oleh Kasubdit Publikasi Ilmiah Kemenristekdikti, Adi Hariyadi, bersama dengan Rektor Universitas Djuanda Bogor, Martin Roestamy.

Pelatihan yang diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari universitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia ini menghadirkan 8 narasumber yang berpengalaman dalam penulisan artikel untuk jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Selain untuk meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan prosedur publikasi hasil penelitian, yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah publikasi ilmiah para peneliti di Indonesia.

Menurut Ginung Pratidina, Direktur LPPM Universitas Djuanda Bogor, pada umumnya para peneliti belum mempunyai komitmen yang cukup untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam sebuah jurnal ilmiah, “permasalahannya adalah, kekurangan naskah yang bermutu, dan motivasi melakukan penelitian belum diimbangi tanggung jawab moral peneliti untuk menyebarkan hasil penelitiannya, dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat termotivasi, selain itu manfaatnya bagi lembaga adalah dapat meningkatkan akreditasi lembaga.

Hal tersebut senada dengan pendapat salah satu narasumber pelatihan ini, Bapak Sutopo Hadi, bahwa tim narasumber selalu mencari cara supaya peneliti-peneliti di Indonesia dapat membuat tulisan dengan baik dan benar, “Kami memiliki tujuan supaya kedepannya peneliti Indonesia memiliki peran nyata dalam penelitian di tingkat internasional.”

Di salah satu sesi, para peserta juga diajak untuk mempraktekkan secara langsung proses-proses dalam membuat artikel jurnal ilmiah. Dengan demikian peserta dapat langsung merasakan manfaatnya untuk diterapkan dalam artikelnya masing-masing. “Tidak sia-sia mengikuti pelatihan ini membuat kami lebih semangat lagi untuk menulis.” Ujar Tuti Kurniawati sebagai salah satu peserta pelatihan. (rtn)