Tanahnya Gembur, Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai Sedang Dikaji ITB

Ahmad Fadil - 11 Jul 2017

Tanahnya Gembur, Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai Sedang Dikaji ITB

AKARTA – Pemerintah tengah berencana membuat jalan tol Pekanbaru-Kandis-Dumai. Akan tetapi, pengerjaan proyek ruas tol Pekanbaru-Kandis-Dumai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) sempat terhambat oleh pembebasan lahan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembebasan lahan tol Pekanbaru-Dumai bakal rampung pada akhir Juli. Pasalnya, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau memastikan bahwa lahan untuk ruas tol sepanjang 131 km tersebut sudah tidak ada masalah.
“Soal tanah di Pekanbaru-Kandis-Dumai ada keputusan sudah bisa diatasi, akhir Juli ini tanah sudah bebas. Semuanya, dari Pekanbaru-Kandis-Dumai. Itu menurut Kakanwil BPN pas kemarin kita rapat,” ujarnya di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (10/7/2017) Akan tetapi, Basuki belum bisa memastikan kesiapan proyek ini pada 2019. Karena saat ini, salah satu daerah yang dilalui oleh ruas tol tersebut tengah dilakukan penelitian terkait kondisi tanahnya. Pasalnya, struktur tanah agak sedikit berbeda dan berpotensi ambruk. “Kalau di daerah Pekanbaru-Kandis-Dumai tanahnya sedang diselidiki oleh ITB. Tanahnya kayak lempung pasiran jadi gembur. Kalau kena hujan, runtuh. Tapi bukan gambut. Jadi sekarang ITB lagi meneliti. Tapi land clearing jalan terus,” jelasnya.

sumbe berita : http://economy.okezone.com/read/2017/07/10/320/1733142/tanahnya-gembur-tol-pekanbaru-kandis-dumai-sedang-dikaji-itb