Pidato Pertama sebagai Presiden AS, Trump Janji Mengutamakan Amerika

Ahmad Fadil - 21 Jan 2017

Washington DC – Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Dalam pidatonya, Trump berjanji untuk mengutamakan rakyat Amerika dalam setiap keputusannya.

“Mulai saat ini, semuanya akan mengutamakan Amerika. Amerika terutama. Setiap keputusan dalam perdagangan, pajak, imigrasi, urusan luar negeri, akan diputuskan demi keuntungan para pekerja Amerika dan keluarga Amerika,” tegas Trump, seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (21/1/2017).

“Kita harus melindungi perbatasan kita dari kekacauan negara lain yang membuat produk kita, mencuri perusahaan kita, dan menghancurkan lapangan pekerjaan kita. Perlindungan akan membawa pada kemakmuran dan kekuatan,” imbuh Trump.

“Kita akan mengikuti dua aturan sederhana: Membeli produk Amerika dan mempekerjakan warga Amerika,” ujarnya di hadapan ratusan ribu warga AS yang berkumpul untuk menyaksikan langsung pelantikannya.

Trump menyinggung situasi AS saat ini yang disebutnya banyak menyengsarakan rakyat.

sumber berita universitas djuanda : https://news.detik.com/internasional/3401765/pidato-pertama-sebagai-presiden-as-trump-janji-mengutamakan-amerika