Adakan Penyuluhan, Kelompok KKN FKIP UNIDA Beri Pemahaman Kesehatan Reproduksi Wanita

Rudi Hartono - 09 Aug 2018

Adakan Penyuluhan, Kelompok KKN FKIP UNIDA  Beri Pemahaman Kesehatan Reproduksi Wanita

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 11 pada hari Rabu tanggal 08 Agustus 2018 mengadakan kegiatan seminar kesehatan tentang Reproduksi Wanita dengan tema “Sehatmu Masa Depanmu “ dan ‘’Beauty Class In Syar’i’’, bertempat dikampung Ciletuh RT 003/001, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Serangkaian acara disuguhkan mulai dari pukul 08:30-12:00 WIB. Acara dibuka oleh ketua kelompok, dilanjutkan dengan ice breaking yang dipandu oleh MC. Pada kegiatan tersebut Ketua kelompok 11 Gauran Al Idrus Muhajjalin mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberi pengetahuan dan wawasan bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan bagaimana cara berhijab yang stylish akan tetapi tetap syar’i. Kegiatan ini diselenggarakan dengan alasan karena masyarakat di kampung ini masih kurang peduli dengan pentingnya menjaga kesehatan khususnya kesehatan reproduksi. Adapun kegiatan Beauty Class In Syar’i diselenggarakan dengan alasan karena warga setempat masih jarang mengenakan hijab dan menganggap bahwa menggunakan hijab itu “kuno”.

Memasuki acara inti pertama yaitu sharing bersama Ibu Anne Effane, M.Pd.I selaku pemateri di kegiatan Beauty Class In Syar’i. Beliau menyampaikan bahwa semua wanita itu pada dasarnya cantik tapi jika kita tidak peduli dan tidak merawatnya dengan baik lambat laun cantiknya akan sirna baik itu kecantikan hati maupun kecantikan paras. Hijab dengan gaya stylish dan make up yang disesuaikan dengan moment itulah yang akan diajarkan pada kegiatan ini. Ujarnya

Acara inti kedua yaitu mempraktikan tutorial make up dan tutorial hijab modern yang tetap syar’i dengan model diambil dari salah satu peserta. Warga antusias dengan kegiatan ini. Setelah kegiatan tersebut selesai, dilanjut dengan Seminar Kesehatan dengan tema “Sehatmu Masa Depanmu” disampaikan oleh pemateri dari dinas kesehatan kecamatan Ciawi yaitu ibu Hj. Ade Karnita, S.ST. Beliau menyampaikan materi dengan santai namun tetap serius. Dengan menggunakan gaya bahasa yang sederhana dalam penyampaian materi menjadikan warga mudah memahaminya. “Perempuan itu layaknya pabrik, jika ingin hasilnya baik dan berkualitas maka harus menjaganya dengan sangat baik. Sehatmu Masa Depan mu itu berarti bahwa masa depan kita, anak-anak kita dan keluarga kita dapat ditentukan oleh diri kita sendiri yaitu dengan cara menjaga kesehatan dengan baik.” Pungkasnya.