Mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan kegiatan Revitalisasi Green House di Kampung Gegerbitung Desa Cijeruk pada Selasa (2/08/2022). Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan perkarangan rumah untuk menanam tanaman yang dapat dikonsumsi secara pribadi maupun komersial.

Pada saat observasi mahasiswa menemukan adanya green house yang terbengkalai di Kampung Gegerbitung, untuk itu mahasiswa membuat program revitalisasi green house sehingga bisa kembali dimanfaatkan oleh masyarakat.  Berkoordinasi dengan kelompok Tani Rahayu kegiatan dilakukan mulai dari pembersihan area green house, pembuatan media tanam menggunakan polybag, penanaman benih sayuran hingga penyiraman dan pemupukan.

Cindy Ardani mahasiswa Agroteknologi FAPERTA UNIDA menyatakan green house adalah sebuah bentuk bangunan yang dibentuk untuk menghindari dan merawat tanaman dari berbagai cuaca.

“Dalam revitalisasi atau menghidupkan kembali green house kami membutuhkan bahan-bahan seperti benih sayur-sayuran, polybag, kompos, dan sekam. Selama pelaksanaan kegiatan ini kami harus teliti dan saling bekerja sama dimulai dari penanaman benih, perawatan tanaman  sampai dengan masa panen agar tanaman mendapat hasil yang maksimal,” ungkap Cindy.

“Saya selaku ketua pelaksana ini merasa senang karena kegiatan ini berjalan dengan lancar dan kondusif karena masyarakat sekitar kelompok tani rahayu menyambut dengan sangat baik,” tambahnya.

H. Nurdin selaku Ketua Kelompok Tani Rahayu menyampaikan ungkapan terimakasih dengan kegiatan ini.

“Saya merasa sangat bersyukur dan terbantu dengan dihidupkan kembali Green house yang sudah lama terbengkalai,” pungkasnya.

Dari kegiatan ini diharapkan dengan adanya kegiatan revitalisasi green house  diharapkan masyarakat dapat melanjutkan kegiatan ini,  serta dapat mengedukasi masyarakat mengenai pemanfaatan lahan perkarangan dengan menanam tanaman sayur-sayuran.