Universitas Djuanda (UNIDA) kembali gelar kegiatan rutin Kajian Muslimah yang pada kesempatan kali ini diisi oleh Dosen Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA, Nani Yulianti, S.P., M.Si dengan tema “Ilmu Pertanian dalam Perspektif Al-Quran” di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 17 Mei 2024.

Nani Yulianti, S.P., M.Si dalam paparannya menyampaikan bahwa terkait pertanian dalam perspektif Al-Quran, maka harus tahu terlebih dahulu apa maksud dari pertanian. Pertanian merupakan kegiatan produksi yang berlangsung di atas sebidang tanah dengan tujuan menghasilkan sumber daya alam, pertanian sendiri mengandung keberlangsungan, keberlanjutan tanpa merusak alam itu sendiri.

Dengan maksud membawa semangat bertani, ada istilah pertanian terpadu, pertanian organik, pertanian alami, pertanian keberlanjutan atau pertanian ramah lingkungan yang memiliki maksud sama untuk berani menghasilkan pertanian yang berkualitas dengan menjaga keberlangsungan lingkungan. Dalam Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 22 sudah menyatakan maksud lebih ke arah menjadikan sesuatu dari bahan yang sudah ada dan ada penekanan bahwa manusia harus melakukan pemanfaatan yang optimal dan tentu menjurus juga pada usaha dalam pertanian yang berkelanjutan.

“Pesan ini senada dengan istilah pertanian alami atau lestari yang saat ini sudah banyak diusung karena dianggap sebagai pertanian yang ideal. Indonesia sendiri adalah negara agraris sekaligus memiliki pemeluk agama islam terbesar di dunia tentu penting untuk terus menggali nilai-nilai Al-Quran yang berkaitan dengan pertanian,” ungkapnya.

Untuk pemaparan Kajian Muslimah dari Nani Yulianti, S.P., M.Si mengenai Ilmu Pertanian dalam Perspektif Al-Quran secara lengkap dapat diakses dengan link berikut:

https://www.instagram.com/reel/C7Ds8ULS0oq/?igsh=MWJodWsyMW9oODA5Ng==