Mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) bantu masyarakat dalam memeriahkan kegiatan hari kemerdekaan 17 Agustus di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong pada Minggu (21/08/2022). Kegiatan ini bertujuan menjalin silahturahmi dengan warga desa dengan embuat dan melaksanakan kegiatan yang positif.

Perlombaan 17 Agustusan ini didasari untuk memeriahkan HUT RI Ke-77 dengan diikuti oleh seluruh warga baik anak-anak maupun dewasa. Kurangnya Sumber Daya Manusia di Desa Pasirjaya karena mayoritas warganya pekerja dan santri sehingga, para  mahasiswa yang sedang KKN ikut serta membantu menggerakan dan berpatisipasi sebagai panitia untuk meningkatkan kekompakan dan membangun rasa solidaritas.

Herdikuniawan selaku Ketua RW dalam sambutannya pada pembukaan acara menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena merasa sangat terbantu atas keterlibatan mahasiswa KKN untuk kegiatan ini.

“Kami sangat senang sekali karena pada tahun ini bisa memeriahkan HUT RI lagi setelah 2 tahun acara tahunan ini tidak terlaksana yang dikarenakan adanya Covid-19 yang melanda Indonesia, dan adanya mahasiswa KKN yang turut ikut serta dalam memeriahkan acara ini maka acara ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua pelaksana Acara Desa menyampaikan sangat terbantu dengan adanya mahasiswa.

“Acara ini berjalan lancar karena adanya bantuan mahasiswa KKN dan atas kerjasama kita semua. Mahasiswa banyak memberi referensi serta ide perlombaannya yang sangat membantu kepanitiaan  agar bisa meriah pada acara HUT RI 77, mahasiswa juga memberikan sumbangan berupa materi untuk di jadikan hadiah pada acara HUT RI 77. Warga juga antusias memeriahkan acara HUT RI ,yang meningkatkan rasa nasionalisme ,serta menghormati para pejuang yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Raut bahagia anak-anak Desa Pasir Jaya terpancar karena bisa melaksanakan perlombaan 17 Agustusan, harapan kedepan mahasiswa dapat senantiasa bersolisialisasi dengan baik agar terjalinnya silaturahmi dengan baik antar warga.