Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT), Prof. H. Johnni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menjadi Orator dalam Wisuda ke-49 UNIDA yang dilaksanakan di Braja Mustika Hotel and Convention Center pada Rabu, 5 Juni 2024.

Prof. H. Johnni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menyampaikan materi berjudul “Urgensi Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi (PT & PS) dalam Perspektif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (PERMENDIKBUD RISTEK) 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu PT”.

Prof. H. Johnni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menuturkan bahwa akreditasi merupakan penilaian sesuai kriteria yang ditetapkan SN Dikti dan bertujuan untuk menentukan legalitas, kelayakan dan mutu PS dan PT atas kriteria yang mengacu pada SN Dikti serta dilakkukan oleh BAN-PT.

Prof. H. Johnni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menjelaskan, akreditasi harus dilakukan oleh PT dan PS karena ijazah tidak mampu diberikan oleh suatu jenjang pendidikan jika penyelenggara tidak memiliki akreditasi, hal ini diatur dalam UU 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pada Pasal 61 ayat (2) dan (3) dan Permendiknas no 28 tahun 2005 Tentang  BAN-PT pada Pasal 16.

“Anda para wisudawan dan wisudawati beruntung berkuliah di Universitas Djuanda ini, karena status akreditasinya jelas. Mudah-mudahan segera mendapatkan predikat Unggul tahun 2025 mendatang,” tutur Prof. H. Johnni Najwan, S.H., M.H., Ph.D.