Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, Himagrotek UNIDA Selenggarakan Seminar Nasional

Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, Himagrotek UNIDA Selenggarakan Seminar Nasional

Blog Single

Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Pembangunan Karakter Sosial Entrepreneur Menuju Indonesia Berdaulat Pangan” (20/2). Bertempat di Aula Gedung C UNIDA Bogor dan dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan Dekan FAPERTA UNIDA Bogor, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si. beserta jajaran. Seminar Nasional ini di isi oleh Ir. Farida Khuriyati, MM. selaku PLT Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Ir. Nur Rochman, MP. Selaku Dosen FAPERTA UNIDA, Sentio Bangun selaku CEO Kecipir.com Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Barat dan Deki Budiman selaku PT. East West Seed Indonesia.

Acara seminar nasional ini merupakan rangkaian dari Milad ke-33 UNIDA Bogor dan diharapkan dapat menumbuhkan jiwa Entrepreneur mahasiswa. Seperti yang disampaikan oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya.

“Selamat datang untuk seluruh pemateri, tamu undangan dan peserta seminar nasional ini. Acara ini termasuk dalam rangkaian milad ke-33 UNIDA Bogor yang menjadi program tiap tahunnya. Dalam acara ini juga ada acara mitra desa yang sangat bagus dan merupakan bagian dari pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Semoga kegiatan ini mendapat rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dengan seminar ini diharapkan mahasiswa dapat banyak belajar dari para pemateri dan dapat manfaat yang dapat dipetik dalam kegiatan ini. Seperti yang diungkapkan Dekan FAPERTA UNIDA Bogor, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si. dalam sambutannya.

“Tentu banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini. Diharapkan mahasiswa dapat belajar bagaimana dunia usaha khususnya di bidang pertanian dan langsung belajar dari yang sudah sangat berpengalaman, mahasiswa harus dapat memanfaatkan dengan baik kegiatan ini,” ungkap Dr. Deden Sudrajat, M.Si.

Dalam pemaparan materinya yang berjudul “Entrepreneurship Serta Optimalisasi Peran UMKM Sektor Pangan Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat di Kabupaten Bogor”, Ir. Farida Khuriyati, MM. menyatakan bahwa mahasiswa harus bisa menjadi job creator yang dapat membuka lapangan pekerjaan dan tentunya dapat membantu lingkungan sekitar dan pemerintah dalam mengatasi masalah angka pengangguran khususnya di Kabupaten Bogor.

Entrepreneuship atau kewirauhasahaan hakikatnya adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumberdaya untuk mencari peluang menuju sukses. Menjadi mahasiswa sekarang ini harus memiliki jiwa entrepreneur, adapun ciri-ciri seorang yang memiliki jiwa entrepreneur diantaranya memiliki mimpi yang besar, menyukai tantangan, tidak mudah menyerah, mempunyai semangat dan kerja keras demi masa depan yang lebih baik atau berorientasi ke depan, mempunyai kemampuan untuk memimpin, percaya diri dan mempunyai tanggung jawab. Mahasiswa harus dapat menjadi entrepreneur sehingga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan untuk kemaslahatan masyaratakat,” tutur  ”, Ir. Farida Khuriyati, MM.

Tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk membangun jiwa entrepreneur mahasiswa khususnya mahasiswa agroteknologi. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Himagrotek UNIDA Bogor, Teguh Agustian dalam sambutannya.

“Kegiatan ini sangat penting diadakan karena bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa khususnya mahasiswa agroteknologi yang dimana teknologi pada saat ini sangat berkembang terutama di bidang pertanian,” ungkap Teguh Agustian. _FAI_

Related Posts: