Penguatan Pemahaman KI dengan Litbang, Pelaku Usaha, dan Perguruan Tinggi Oleh DJKI

Penguatan Pemahaman KI dengan Litbang, Pelaku Usaha, dan Perguruan Tinggi Oleh DJKI

Blog Single

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I, pada tanggal 2-4 Juni 2021 mengadakan Kegiatan Penguatan Pemahaman Kekayan Intelektual dengan Litbang dan Pelaku Usaha di Hotel Trans Bandung. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami pentingnya perlindungan kekayaan intelektual, didalamnya terdapat beberapa kegiatan diantaranya: 1. Diseminasi Hak Kekayaan Intelektual di bidang paten, 2. Mediasi Paten, 3. Drafting Paten, 4. Penandatanganan kerjasama antara Litbang, Perguruan Tinggi dan Pelaku Usaha dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Menurut Dr. Fredy Haris dalam pidatonya bahwa “inovasi yang bernilai komersial itulah yang dijadikan invensi, karena inovasi akan berkembang jika dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ”. Kebutuhan masyarakat inilah yang mesti kita bangun, melalui kesadaran pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual bersama dengan Kemendikbud-Ristek menyarankan agar perguruan tinggi mengarahkan mahasiswa tingkat akhir agar penelitiannya bermanfaat sehingga tidak hanya sampai skripsi dan jurnal berikan arahan agar lebih fokus kepada arah invensi, sehingga karya intelektual yang dihasilkan dapat diberikan apresiasai oleh negara dalam perlindungan kekayaan intelektual. Menurut Hery hemansyarh “Karya intelektual dalam bentuk apapun dapat dikomersilkan selagi mau membangun kesadaran nilai ekonomi dalam temuannya”. Dalam hal ini Perguruan tinggilah yang menjembatani antara pelaku usaha dengan inventor/inovator, dan atau perguruan tinggi dapat memmbuat PT/Inkubator bisnis didalam kampus sehingga temuan tersebut dapat dipasarkan dengan mudah.

 

Testimoni Pelatihan Drafting Paten

  1. Menurut Tiara Amanda Lestari, S.TP (Staf Biro Sentra KI Universitas Djuanda/asisten dosen/petugas lab UPT Sartika). Pelatihan ini menjadikan pemahaman yang sangat baik terkait penyusunan draft paten. Sehingga dapat menunjang tugas saya sebagai bagian dari Biro Sentra KI Universitas dalam membantu dosen dan para inventor untuk bisa menyusun draft paten dan mendaptarkan invensinya tersebut. Narasumber yang menyampaikan materi sangat humble, bersahabat dan sangat menguasai materi. Suasana peatihan menjadi lebih nyaman dan akrab, santai, dan mengesankan. Semua pemeriksa paten dan pantianya ramah dan selalu mengarahkan. Senang dan bermanfaat mengikuti pelatihan ini, terimaksih DJKI dan Universitas Djuanda yang telah memfasilitasi lancarnya kegiatan ini.
  2. Menurut Bapak Dudi Lesmana, S.Pi., M.Si Dosen Peternakan, acara safari paten ini luar biasa arahan penyempurnaan draft paten dari djki dan sangat membantu kami sebagai dosen dalam membuat paten-paten berikutnya, selain itu reviewer dari djki menjelaskan sangat detail dan komunikatif.
  3. Menurut ibu Fina Uzwatania Dosen Prodi Teknologi Industri Pertanian, dalam mengikuti kegiatan drafting paten yang diadakan oleh DJKI. Saya jadi mendapatkan banyak informasi bermanfaat terkait penyusunan dan pendaftaran paten dan prosesnya karena sebelum acara ini saya sama sekali belum mengetahuinya. Kegiatannya sangat bagus karena langsung bertemu dengan reviewer.

Related Posts: