Dikepung Era Serba Otomatis, Ini Solusi Tantangan Pendidikan Generasi 4.0

Ahmad Fadil - 25 May 2018

Dikepung Era Serba Otomatis, Ini Solusi Tantangan Pendidikan Generasi 4.0

Pesatnya perkembangan zaman menuntut manusia lebih kreatif dalam menjalani hidup, termasuk memanfaatkan peluang pendidikan untuk meningkatkan kualitas kehidupannya.

Inilah yang menurut ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Prof Djoko Wintoro, MBA, merupakan salah satu bentuk tantangan pendidikan di era generasi 4.0.

Dijelaskan di sela-sela konferensi pers agenda World Post Graduate Expo 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (7/5/2018), generasi 4.0 adalah era ketika manusia dituntut mandiri dalam mengembangkan eksistensinya, melalui pembelajaran progresif yang berlatar prinsip trial and error.

“Ketika dikaitkan dengan pendidikan, maka peran pengajar tidak lagi mendominasi di depan kelas, menjadi source of knowledge yang umum berlaku saat ini. Pengajar, dalam hal ini dosen, akan menjadi fasilitator yang membantu mahasiswa mengembangkan potensi dirinya dalam memahami solusi untuk setiap problematika,” jelas Prof Djoko.
Sumber berita Universitas Djuanda : //www.liputan6.com/global/read/3510226/dikepung-era-serba-otomatis-ini-solusi-tantangan-pendidikan-generasi-40