Ekonomi Berbasis Inovasi Mampu Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Ahmad Fadil - 18 Jul 2018

Ekonomi Berbasis Inovasi Mampu Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir hadir sebagai _Keynote Speaker_ pada pembukaan Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2018, di Auditorium Gedung II BPPT Thamrin, Jakarta (17/7).

KTN 2018 diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dalam rangka mewujudkan kebijakan nasional untuk mendorong kemandirian teknologi bangsa. Mengusung tema Strategi Implementasi Kebijakan Nasional untuk Mendukung Kemandirian Teknologi, KTN kali ketiga ini akan dilaksanakan pada 17-19 Juli 2018.

Menteri Nasir mengungkapkan bahwa KTN 2018 bertujuan untuk memacu teknologi berperan dalam pembangunan ekonomi Indonesia ke depan.

“‘Trend’ riset di Indonesia saat ini terjadi terlalu berbasis ‘supply’, dan akan jauh lebih baik apabila industri lebih berperan mendorong riset kearah ‘demand driven’, supaya hilirisasi risbang menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Menteri Nasir berharap agar ‘riset dan pengembangan (risbang)’ dapat memberikan rekomendasi teknologi yang diperlukan untuk memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa.

Sumber berita Universitas Djuanda : //ristekdikti.go.id/menristekdikti-ekonomi-berbasis-inovasi-mampu-tingkatkan-daya-saing-bangsa/