FKIP Unida Gelar Klinik Penulisan Artikel Ilmiah

Ahmad Fadil - 11 Apr 2018

FKIP Unida Gelar Klinik Penulisan Artikel Ilmiah

Riset dan publikasi ilmiah merupakan dua elemen penting dalam dunia pendidikan. Riset dan publikasi ilmiah ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Hasil riset ilmiah di perguruan tinggi harus dipublikasikan, sehingga dapat memberikan makna lebih dan memberikan sumbangsih yang baik bagi penyebaran ilmu pengetahuan secara global.

Sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dosen di lingkungan Universitas Djuanda, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bekerja sama dengan Research Synergy Foundation (RSF) menyelenggarakan klinik penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini memfasilitasi para dosen untuk mendapatkan pendampingan dan review langsung draft artikel ilmiah yang telah disusun sebelumnya sehingga lebih matang dan lebih siap untuk dipublikasikan. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara International Conference of Current Issues in Educations, Economics, Social Science and Humanities (ICIESH) yang akan diselenggarakan pada September 2018 di Thailand. Artikel ilmiah yang telah mendapat pendampingan diharapkan dapat dipresentasikan dan dipublikasikan melalui ICIESH. Para peserta tidak hanya mendapat pendampingan pada penulisan artikel tetapi juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendampingan teknik presentasi artikel pada forum ilmiah.

Hadir sebagai narasumber sekaligus sebagai reviewer pada kegiatan ini, Dr. Hendrati Dwi Mulyaningsih, M.Si., Ani Wahyu Rachmawati, MSM., dan Febriady Hendratawan, MSM. Beliau merupakan Founder dan co-founder dari RSF. RSF merupakan sebuah organisasi yang mendedikasikan diri menjadi katalis dan kolabolator yang menghubungkan peneliti di seluruh dunia melalui berbagai kegiatan ilmiah seperti konferensi internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung C Universitas Djuanda dan diikuti oleh lebih dari 40 orang peserta. Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Djuanda, Bapak Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. Melalui sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi dosen, apalagi saat ini publikasi ilmiah merupakan luaran wajib dari berbagai skim hibah penelitian. Acara berlangsung lancar dan diakhiri dengan ramah tamah dan sesi foto bersama.