MAHASISWA FAPERTA WAKILI UNIDA DALAM PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT KOPERTIS WILAYAH IV

Ahmad Fadil - 12 Apr 2018

MAHASISWA FAPERTA WAKILI UNIDA DALAM PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT KOPERTIS WILAYAH IV

Indah Ayu Lestari mahasiswi semester 6 program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNIDA masuk 8 besar Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional (12/3). Terpilihnya Indah merupakan bukan hal yang mudah dan melalui perjalanan panjang serta seleksi yang kompetitif. Dalam perjalanan mahasiswi yang akrab dengan sapaan Indah ini telah melalui beberapa tahapan seleksi diantaranya melalui seleksi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas yang telah berlangsung sebelumnya, dari tahapan seleksi tersebut Indah berhak mewakili UNIDA dalam ajang pemilihan yang lebih tinggi di tingkat kopertis wilayah IV.
Perjalanan seleksi mahasiswa berprestasi ditingkat kopertis wilayah IV diawali dengan tahapan pembuatan serta mengupload video yang berisi tentang hasil karya tulis ilmiah indah yang berisikan tentang media tanam hydroponik dalam bahasa inggris. Video tersebut merupakan bagian dari point penilaian, karena melalui video yang dibuat dapat dilihat penampilan peserta seleksi secara keseluruhan, seperti keterampilan berbicara, pengetahuan serta wawasan yang luas, dan kemampuan bahasa Inggris. Tahapan seleksi indah menuju mahasiswa berprestasi berlanjut dengan mengikuti seleksi di Rayon 1 Kopertis Wilayah IV yang terdiri dari lingkup wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Dalam tahap selesksi tersebut indah meraih peringkat ke 2 dan menurut ketentuan bahwa peringkat 3 besar berhak untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan mewakili rayon 1 untuk dapat bersaing ditingkat Nasional, tahapan seleksi selanjutnya adalah mengikuti tahapan seleksi yang di ikuti oleh peringkat 3 besar yang terdiri dari 7 rayon dengan jumlah peserta sebanyak 27 peserta yang akan di seleksi kembali menjadi 8 besar yang nantinya akan diberikan pembekalan serta karantina untuk dapat terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat nasional.
Dalam tahap seleksi 27 besar yang berlangsung 2 hari pada tanggal 10 sampai dengan 11 April 2018 seluruh peserta melewati beberapa sesi pembekalan diantaranya sesi tanya jawab seputar prestasi serta potensi, tes kepribadian, dan presentasi karya ilmiah. Dalam tahap prestasi terdapat tahap penampilan atau yang biasa dikenal dengan istilah Talent Show, dalam sesi ini indah menampilkan bakat dalam bidang publik speaking yaitu menjadi seorang Master of Ceremony (MC) Formal. Sesi demi sesi dalam tahapan seleksi telah selesai dilewati dan melalui hasil pembekalan serta penilaian selama 2 hari terpilihlah 8 mahasiswa terbaik yang berhak untuk masuk ketahapan selanjutnya yaitu pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Nasional. Indah adalah salah satu dari 8 nama yang tercantum dan berhak mengikuti tahapan lanjutan, Indah mengaku sangat bahagia dan tidak menyangka dapat terpilih dan membawa nama baik almamater tercinta UNIDA ketingkat yang lebih tinggi dalam pemilihan mahasiswa berprestasi. “Selama mengikuti rangkaian kegiatan yang saya harus lakukan hanya berusaha dan berjuang dengan memaksimalkan kemampuan saya untuk bisa memberikan yang terbaik, namun tidak lupa pula yang paling penting dari semua itu adalah doa, dan restu kedua orang tua, serta para dosen yang selalu menemani dan memberikan saya semangat dalam mengikuti semua rangkain seleksi. Mohon doa dan dukungan agar saya dapat memberikan yang terbaik untuk kampus ini”. Ujar Indah dalam wawancara. (M&PR)