Papua dan Potensi Budaya yang Belum Terkelola Baik

Ahmad Fadil - 02 Dec 2017

Papua dan Potensi Budaya yang Belum Terkelola Baik

Papua memiliki potensi sumberdaya budaya yang kaya, namun hingga saat ini belum dikelola dengan baik. Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, anggaran untuk kebudayaan tiap tahunnya terlalu kecil, hal ini tidak sebanding dengan dana otonomi khusus Papua.

Dari sisi masyarakat, masalah krusial dalam pengelolaan sumberdaya budaya Papua adalah masih terbatasnya pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang warisan budaya, terutama generasi muda.

Selain itu, pengelolaan sumberdaya budaya Papua baru sebatas penyelenggaraan event-event festival budaya. Sedangkan situs-situs arkeologi dan budaya materi (warisan budaya takbenda) belum diperhatikan. Instansi kebudayaan pada pemerintah daerah tidak memiliki pegawai yang berpendidikan arkeologi.

Permasalahan pengelolaan sumberdaya budaya di Papua kadang juga tidak dipahami oleh elite politik setempat. Kepala daerah hasil pilkada terkadang dalam mengisi lowongan kepala dinas kebudayaan menunjuk pegawai yang bukan berlatar belakang pendidikan antropologi atau arkeologi, sehingga dalam melaksanakan tugasnya masih meraba-raba alias mulai dari awal. berita selengkapnya ……….
sumber berita Universitas Djuanda : https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20171128153650-445-258643/papua-dan-potensi-budaya-yang-belum-terkelola-baik/