Tumbuhkan kreatifitas, mahasiswa dilatih menulis dan desain grafis

Ahmad Fadil - 25 Jan 2018

Tumbuhkan kreatifitas, mahasiswa dilatih menulis dan desain grafis

Selasa (23/1) Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda Bogor menyelenggarakan pelatihan penulisan berita dan feature serta pelatihan desain grafis dengan mengangkat tema “Creative Millennials Generation” bertempat di Ruang Kuliah E.304.

Pelatihan ini dalam rangka kegiatan praktikum mata kuliah penulisan berita dan feature serta mata kuliah komunikasi dan desain grafis yang menjadi mata kuliah berpraktikum pada semester V program studi ilmu komunikasi. Turut hadir dosen pengampu mata kuliah penulisan berita dan feature, Maria  Fitriah, S.Sos, M.Si yang membuka acara dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya “Melalui pelatihan ini, salah satu tujuannya adalah untuk menambah motivasi dan kreatifitas mahasiswa dalam membuat berita maupun feature, terlebih bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang wajib memiliki skill menulis dengan baik pengetahuan mengenai jurnalistik tidak cukup diperoleh dari kegiatan perkuliahan saja. Keterampilan mahasiswa perlu terus diasah, sehingga lebih siap terjun ke dunia kerja menjadi jurnalis professional”. Tutur Maria Fitriah yang juga merupakan sekretaris prodi Ilmu Komunikasi UNIDA.

Pada kesempatan ini panitia membagi ke dalam  dua sesi pelatihan. Sesi pertama mengenai penulisan berita dan feature, menghadirkan narasumber Martin Moentadhim yang berlatar belakang sebagai Jurnalis senior dan penulis. Kemudian sesi berikutnya diisi dengan pelatihan desain grafis yang disampaikan oleh Rizqy Rinaldy Mosmarth yang merupakan co-founder Semesta Kreatif. Sesi pertama berlangsung menarik karena narasumber menceritakan mengenai pengalamannya sebagai seorang jurnalis. Selain itu, narasumber memberikan tips bagaimana cara menulis cepat dan baik dalam jurnal yang dibagikannya kepada para peserta pelatihan yang berjudul “Jurnalistik Tujuh Menit”. Tak kalah menarik, pada sesi kedua Rizqy Rinaldy Mosmarth atau yang lebih akrab disapa Kak Eki berbagi wawasan mengenai unsur, elemen dan prinsip desain grafis serta hal-hal penting lainnya berkaitan dengan dunia desain. “Desain grafis menjadi salah satu hal penting pada masa kini sebagai penyampai informasi. Seperti infografis yang lebih disenangi oleh kaum millennials” Ujarnya.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. “Pelatihan ini memberikan wawasan baru, khususnya mengenai desain grafis yang disampaikan oleh Kak Eki sangat menarik, banyak hal-hal baru yang didapat.” Ungkap Acep selaku mahasiswa ILKOM UNIDA sekaligus peserta pelatihan.