Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor BERIKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KEPADA SISWA SMAN 1 CIAWI

Ahmad Fadil - 29 Sep 2017

Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor BERIKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KEPADA SISWA SMAN 1 CIAWI

Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) Berikan Pelatihan Kewirausahaan Kepada Siswa SMAN 1 Ciawi (28/9/2017). Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan yang berlangsung di ruang Pascasarjana UNIDA di hadiri sebanyak 55 siswa dan 5 Guru pembimbing yang berasal dari SMAN 1 Ciawi. Kegiatan tersebut di buka dengan pemberian materi mengenai dasar-dasar kewirausahaan yang di sampaikan oleh Siti Masithoh, S.Pt.,M.Si selaku Kepala Biro Kerjasama dan pengembangan Usaha sekaligus selaku Dosen Agribisnis, Fakultas Pertanian UNIDA dan Ir. H. Himatul Miftah, M.Si selaku Wakil Rektor III sekaligus Praktisi Bisnis, dan Dosen Agribisnis, Fakultas Pertanian UNIDA.
“Kunjungan Universitas merupakan salah satu program SMA rujukan, kunjungan tersebut berupa pendidikan dalam bentuk kewirausahaan, dalam multi kurikulum 2013 sekarang terdapat mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan (PKU) yang tentunya bertujuan untuk membekali siswa selain dari segi intelektual juga siswa di harapkan siswa memiliki keterampilan berwirausaha. UNIDA merupakan Universitas yang selain dekat dengan sekolah kami dari segi jarak, UNIDA juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk dapat kami kunjungi dalam menambah ilmu pengetahuan, khususnya dari Ilmu Wirausaha. Kegiatan yang di buka dengan pengenalan dasar-dasar berwirausaha yang selanjutnya di akhiri dengan kegiatan praktik pembuatan produk berupa bakery dan permen cokelat, terlihat antusiasme siswa sangat tinggi dalam mengikuti proses pembuatan produk tersebut. Program kunjungan ini Insya Allah akan berkesinambungan berjalan antara UNIDA dan SMAN 1 Ciawi” ujar Ade Niarti selaku wakasek kesiswaan dalam wawancara.
Salah satu siswa SMAN 1 Ciawi Aura Remandina ARP menuturkan bahwa, “Setelah mendapatkan mentoring mengenai kewirausahaan, banyak sekali pelajaran yang di dapatkan dalam kunjungan ini. Bahwa dalam bidang kewirausahaan bukan hanya sekadar tentang menciptakan peluang kerja saja, tetapi kita bisa mengembangkan suatu produk yang oleh kebanyakan orang dipandang sebelah mata, padahal jika dikembangkan lebih bisa menghasilkan suatu produk yang sangat luar biasa. Tips dan trik dalam berwirausaha yang baik sesuai aqidah Islam menjadi ilmu yang sangat bermanfaat dalam kunjungan ini, karena Islam mengajarkan dalam berwirausaha harus mengedepankan keimanan dan ketaqwaan juga.