Keren! Tim Mahasiswa FISIPKOM UNIDA Raih Juara 2 Lomba Komunikasi Nasional, Gagas Konsep Newsgames Bertajuk Dicebility

Keren! Tim Mahasiswa FISIPKOM UNIDA Raih Juara 2 Lomba Komunikasi Nasional, Gagas Konsep Newsgames Bertajuk Dicebility

Blog Single

Keren! Tim Mahasiswa FISIPKOM UNIDA Raih Juara 2 Lomba Komunikasi Nasional, Gagas Konsep Newsgames Bertajuk Dicebility

Mahasiswa Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) kembali menorehkan prestasi. Dalam kesempatan kali ini, Mahasiswa Sains Komunikasi Semeser 4 yang terdiri dari Uswatun Khasanah, Aji Santoso dan Muthiara Sjahrani Umam (Tim Trispektif) tersebut berhasil meraih Juara Dua dalam Mata Lomba Jurnalisme (Journalight) di Lomba Komunikasi Pekan Komunikasi yang diadakan oleh Departemen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI).

Dekan FISIPKOM Unida Ginung Pratidina mengucapkan puji syukur dan ikut berbahagia atas torehan prestasi yang diraih oleh mahasiswanya.

"Alhamdulillah mahasiswa kami meraih prestasi lagi di lomba komunikasi yang skalanya nasional. Saya mengucapkan selamat kepada Trispekif dan terima kasih untuk seluruh Dosen FISIPKOM yang telah membimbing sehingga bisa mencetak mahasiswa-mahasiswa untuk mengukir prestasi," kata Dekan Ginung.

Dekan Ginung mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh Tim Trispektif karena proses yang diraihnya tidaklah mudah karena harus melalui tiga fase yakni penyisihan, semi final dan presentasi final di FISIP UI. Dekan Ginung berharap, mahasiswanya yang berasal dari Program Studi Administrasi Publik, Sains Komunikasi dan Ilmu Komputer dapat terus semangat belajar, berdampak bagi masyarakat dan mengukir prestasi.

Pekan Komunikasi sendiri merupakan perlombaan komunikasi skala nasional yang diadakan oleh Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI. Dalam lomba Pekan Komunikasi terdiri dari beberapa lomba yakni Journalight (Journalisme), Media Matters, PR Vaganza dan Advertising War.

Ketua Tim Trispektif Uswatun Khasanah mengucapkan syukur atas prestasi yang mereka raih. Selain prosesnya yang panjang dan sulit, Mahasiswa Sains Komunikasi Unida ini juga berhasil mengukir prestasi di antara dua perwakilan tim dari Universitas Negeri yakni dari Tim Eonia Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang meraih juara satu dan Tim Biduan Universitas Udayana Bali yang meraih juara tiga.

"Senang banget bisa menang juara dua. Perjuangan yang kita lalui tidak sia sia. Dari mulai bikin feature di penyisihan. Terus mengerjakan brief untuk semi final padahal mau lebaran dan akhirnya masuk final lalu presentasi di FISIP UI," jelasnya.

Uswatun menambahkan, dalam Lomba Pekan Komunikasi 2023 ini, Trispektif membuat naskah feature tentang kelompok Disabilitas yang minim akses dan sering dipinggirkan. Lalu dalam babak semi final dan final, seluruh semi finalis dan finalis diminta membuat konsep Newsgames atau menyajikan berita melalui permainan.

"Newsgame kami bernama Dicebility yaitu permainan seperti monopoli yang mengajak masyarakat untuk keliling ke tempat-tempat ramah disabilitas sebagai bentuk informasi. Lalu di setiap pemberhentian, peserta akan mendapatkan pertanyaan atau pernyataan berisi pengetahuan dan akan mendapatkan point rewards bila berhasil menjawab. Setelah keliling satu putaran, point rewards tersebut akan diakumulasi dan menjadi donasi kepada penyandang disabilitas berupa daging atau buah atau susu atau mainan atau buku dan barang lainnya yang bermanfaat untuk kawan-kawan disabilitas," tambahnya.

Sumber berita : https://unida.ac.id/artikel/keren-tim-mahasiswa-fisipkom-unida-raih-juara-2-lomba-komunikasi-nasional-gagas-konsep-newsgames-bertajuk-dicebility

 

Related Posts: