KEMENRISTEKDIKTI KEMBALI TUNJUK UNIVERSITAS DJUANDA (UNIDA) SEBAGAI TUAN RUMAH KLINIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH INTERNASIONAL

Rudi Hartono - 16 Sep 2017

KEMENRISTEKDIKTI KEMBALI TUNJUK UNIVERSITAS DJUANDA (UNIDA) SEBAGAI TUAN RUMAH KLINIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH INTERNASIONAL

Kemenristekdikti kembali menunjuk Universitas Djuanda Bogor sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan klinik penulisan artikel ilmiah internasional yang dilangsungkan selama tiga hari, yaitu dari tanggal 14-16 September 2017 di Onih Hotel, Bogor.

Kegiatan penelitian ataupun pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik secara kuantitas dan kualitas. Namun, peningkatan tersebut tidak berbanding lurus dengan peningkatan kuantitas dan kualitas artikel ilmiah hasil penelitian ataupun pengabdian  kepada masyarakat yang dipublikasikan melalui terbitan berkala ilmiah nasional maupun internasional. Hal ini kemudian yang melatarbelakangi Kemenristekdikti  dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah internasional sebagai upaya untuk mendorong peningkatan mutu artikel hasil ilmiah baik secara kuantitas dan kualitas.

Kasubdit Fasilitasi Publikasi Ilmiah, Aldi Haryadi dalam sambutannya mengutarakan tujuan serta manfaat kegiatan ini. “Tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian ataupun pengabdian kepada masyarakat berupa artikel ilmiah yang berkualitas baik”, Paparnya.

Dosen sebagai pelaksana tridarma perguruan tinggi mempunyai kewajiban selain belajar-mengajar juga diwajibkan melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini, hasil penelitian harus dipublikasikan baik ke dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Ketua pelaksana klinik penulisan artikel ilmiah internasional, Ginung Pratidina mengungkapkan bahwa pentingnya dosen untuk meningkatkan jumlah publikasi. “Mengingat pentingnya publikasi, semoga dari pelaksanaan klinik penulisan artikel ilmiah internasional ini banyak dosen-dosen yang termotivasi untuk menembus jurnal-jurnal internasional”. Ujarnya.

Sebagai tuan rumah yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti, Universitas Djuanda Bogor berkomitmen untuk terus dapat berperan meningkatkan kualitas hasil riset. “Universitas Djuanda Bogor berterimakasih kepada Kemenristekdikti karena sudah memberikan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan klinik penulisan artikel ilmiah internasional ini sejak tahun 2009 hingga sekarang, dan UNIDA berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan kualitas riset sesuai visi dan misi UNIDA”. Tutur Ginung Pratidina yang juga merupakan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda Bogor.

Adapun tindaklanjut dari kegiatan ini adalah para peserta wajib submitt dan bukti submittnya dikirim ke Kemenristekdikti, agar peserta pelatihan tidak hanya berhenti sampai pelatihan tetapi dilanjutkan hingga publish. “Klinik pelatihan penulisan artikel ilmiah internasional ini sangat bermanfaat karena dengan mengikuti pelatihan ini peserta mengetahui letak kesalahan penulisan yang sudah dibuat langsung di klinik diperiksa oleh reviewer berpengalaman dalam penulisan jurnal, juga tuntutan persyaratan dalam studi lanjut S3 adalah wajib mem-publish artikel ilmiah internasional yang ter-index scopus mendorong saya antusias mengikuti pelatihan ini”. Ungkap Nurwati, salahsatu peserta klinik penulisan