MANFAATKAN KEGIATAN MPLS SECARA MAKSIMAL

Ahmad Fadil - 16 Jul 2018

MANFAATKAN KEGIATAN MPLS SECARA MAKSIMAL

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah proses awal yang biasa juga disebut sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) dalam rangka menyambut kedatangan peserta didik ditahun ajaran baru. Kegiatan MPLS diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dimulai dari pengenalan sejarah sekolah, pengenalan guru-guru, pengenalan sistem pendidikan dengan tingkatan pendidikan yang disesuaikan, hingga penyampaian materi oleh narasumber yang memberikan manfaat bagi peserta didik dalam menghadapi dunia pendidikan. MPLS pula harus dijadikan sebagai awal dari proses adaptasi dan interaksi peserta didik baru untuk lebih mengenal lingkungan sekolah baru dan teman-teman baru yang nantinya akan dijalani selama masa pendidikan.

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan kemajuan dunia pendidikan yang semakin maju, serta mengimbangi pola kemajuan revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang berlangsung, menuntut setiap individu untuk dapat memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dunia pendidikan di era modern sekarang pastinya harus memiliki nilai-nilai kemajuan yang dapat mendorong serta mengasah potensi peserta didik untuk siap dalam menghadapi persaingan diwaktu mendatang.

Sesuai dengan peraturan menteri No.18 Tahun 2016 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya dilarang melibatkan peserta didik senior atau alumni sebagai penyelenggara, wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif, dan dilarang melakukan perpeloncoan atau tindakan keras lainnya. Oleh sebab itu kegiatan MPLS harus dilaksanakan dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal baik oleh pihak sekolah maupun peserta didik baru, faktor mental serta pola kebiasaan dalam berperilaku peserta didik baru harus dilatih dan dibentuk untuk dapat  menyesuaikan dengan keadaan dan situasi yang baru. Melalui kegiatan MPLS pula diharapkan peserta didik dapat lebih mengenali potensi dalam dirinya, dan lebih menumbuhkan motivasi, serta cara belajar yang efektif sebagai peserta didik baru. (MPR)