NGABUBURIT BERKAH DALAM SHARING SESSION BERSAMA ALUMNI UNIDA

Ahmad Fadil - 31 May 2018

NGABUBURIT BERKAH DALAM SHARING SESSION BERSAMA ALUMNI UNIDA

Ngabuburit berkah dalam sharing session bersama alumni Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) mewarnai Indahnya kegiatan dibulan Ramadhan (25/05). Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama dari carrer development center UNIDA, bussiness development UNIDA, Marketing & Public Relations UNIDA, Ikatan Alumni UNIDA serta Forum Bisnis Alumni UNIDA berjalan menarik.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung C Universitas Djuanda Bogor dibuka langsung oleh Rektor UNIDA Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. Rektor menyambut baik akan terselenggaranya kegiatan sharing Alumni UNIDA kepada Adik-adik mahasiswa semester akhir khususnya yang akan siap memasuki dunia baru setelah mereka menyelesaikan masa studi dan meraih gelar sarjana.
Kegiatan ini juga merupakan sebuah bentuk keberkahan dalam pengamalan ilmu pengetahuan serta pengalaman yang bisa menjadi bekal untuk mahasiswa. “perkembangan Globalisasi sudah tidak dapat terbendung lagi, kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat kita harus berpikir inovatif dalam menghadapi persaingan global. Dunia kini memasuki era Revolusi 4.0, yakni menekankan pada pola Digital Economic, artifical intelligence, big data, robotic, dan atau biasa juga dikenal dengan fenomena Distruptive Innovation. Dalam menghadapi Era sekarang ini kami juga memerlukan masukan informasi seputar dunia kerja yang sudah banyak berkembang dari alumni agar kami dapat menyesuaikan kurikulum pembelajaran (updating) yang bisa menjadi bekal bagi mahasiswa khususnya dalam memasuki dunia kerja.” Ucap Dede Kardaya dalam sambutannya.
Kegiatan sharing alumni yang mengangkat tema tentang “Sinergi Berdaya Alumni Universitas Djuanda Bogor melalui Wirausaha” mendatangkan para narasumber yang sangat kompeten dan sesuai dalam bidangnya, diantaranya menghadirkan Keynote Speaker Dr. Hj. Rita Rahmawati., M.Si selaku wakil Rektor III yang menjelaskan tema tentang “Indonesia, Ancaman dan pemuda”.
“Borderless dan peluang bisnis bagi Alumni UNIDA” menjadi tema selanjutnya yang disampaikan oleh Ir. Idrus Abdullah, MBA selaku Market Development Director OUTLEZ. Andi Wijaya, SE alumni Fakultas Ekonomi UNIDA yang sekarang berfokus sebagai seorang pengusaha dibidang transportasi, pengusaha kelapa sawit, dan batubara yang membahas tentang “Mencetak 1 Milyar Pertama dari Bisnis Kita”. Narasumber terakhir menyampaikan tema seputar “Grafologi untuk sukses bisnis dan tips bisnis untuk pemula” oleh Sri Hastuti, S.Sos., MH., CMHA, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIDA dan juga beliau sekarang menjabat sebagai HRD & Komisaris PT. Xsteelindo, serta Founder Simply Grafologi.
“Banyak perusahaan terdahulu yang eksis seperti produk Handphone dan mobil yang menjadi primadona pada zamannya justru tumbang di era sekarang karena kurangnya mengembangkan fitur-fitur baru (Inovasi) dalam mendongkrak penjualan produk dalam menghadapi perkembangan serta persaingan pasar di era globalisasi ini. Di era distruptive ini inovasi merupakan senjata yang ampuh dalam menghadapi ancaman kegagalan bisnis, bagi mereka pengusaha yang berleha-leha dan merasa santai serta sudah merasa puas akan produk yang di hasilkan tanpa memikirkan perkembangan serta inovasi apa yang akan dilakukan diwaktu mendatang, maka bersiaplah untuk menemui kegagalan dalam persaingan pasar.” Ujar Idrus Abdulloh dalam penyampaian materinya.
Di sela-sela acara pihak panitia juga memberikan ice breaking serta Doorprize yang telah disediakan oleh pihak sponsorship diantaranya XL, PT. Wijaya Group, Orifresh Beauty Soap, PT. BPR Syariah Amanah Ummah, Barokah Mandiri Group dan Yayasan Bakti Amal Exsteelindo. Rangkaian kegiatan sharing Alumni ditutup dengan buka puasa bersama dengan seluruh keluarga besar UNIDA. (MPR UNIDA)