MAPALA Universitas Djuanda Bogor ikut serta dalam Pelatihan Dasar Relawan penanggulangan Bencana yang diadakan oleh Masyarkat Penanggulangan Bencana Satya Indonesia (MPBS) pada hari sabtu samapi dengan minggu, 9 Februari saampai dengan  tanggal 10 februari 2019 Di Buper RSJ Cisarua, Provinsi Jawa Barat.

Acara ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang berasal dari 5  provinsi dan 11 kabupaten kota diantaranya Kota Bandung Barat, kota cimahi, Kota tanggerang, kepulauan riau, kota bekasi, kota bogor dan kota kota lainnya. Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan relawan relawan yang berkompeten untuk secara keilmuan dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, sehingga dapat di kembangkan di masing-masing daerah peserta berasal.

Dengan materi-materi yang di sampaikan dalam acara yaitu yang berasal dari BPBD Kabupaten Bandung mengenai Manajemen Penanggulangan Bencana, Bidang kesehatan dan materi upaya pembangunan jiwa korsa yang disampaikan oleh TNI Kota Cimahi, materi vertical Rescue dan materi materi lainnya.

Namun tidak hanya Materi yang diajarkan pada pelatihan ini pun terdapat simulasi simulasi bencana yang di pimpin oleh team reaksi cepat BPBD Kabupaten Bandung sehingga teori-teori yang diterima oleh peserta dapat dipraktekan secara langsung.