PRESTASI UKM PADUS UNIDA , BUKAN SEKEDAR HOKI

Rudi Hartono - 07 Oct 2018

PRESTASI UKM PADUS UNIDA , BUKAN SEKEDAR HOKI

Organisasi merupakan hal terpenting setelah kuliah apabila seseorang tengah menjadi mahasiswa aktif di perguruan tinggi. Meski terdengar klise, tapi percayalah bahwa kalimat “Mahasiswa sebagai agen of change” itu bukan sekedar kata penghibur agar mahasiswa merasa berguna.

Dalam berorganisasi, mahasiswa dituntut aktif dan bukan hanya tumpang nama demi mendapatkan jabatan hebat, kekuatan dari organisasi adalah bagaimana insan di dalamnya turut aktif dan memberikan prestasi.

Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM merupakan organisasi termudah yang dapat diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa dan dapat menjadi wadah untuk bisa meraih prestasi.

Berbicara tentang prestasi dan UKM,  baru-baru ini, salah satu UKM yang ada di Universitas Djuanda Bogor berhasil meraih prestasi. UKM yang bergerak di bidang seni khususnya paduan suara yakni Gita Arsya Sandana atau yang kerap kali disapa Gisanada, berhasil meraih juara 3 diajang Perlombaan Paduan Suara “1 st SHCF” (Syarif Hidayatullah Choir Festival)  bertajuk “Nusa Raya Dalam Gempita” yang diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah pada 30 September lalu.

Bukan semena-mena mendapatkan juara hanya karena sedang ketimpa untung atau iseng belaka,  melainkan karena usaha yang  ditempuh oleh anggota Gisanada, yakni melalui proses latihan yang memakan waktu sekitar 2 bulan. 

Pada saat di wawancarainya Indra Agustiana selaku ketua Gisanda, beliau mengaku mengalami kesulitan terutama perihal waktu untuk latihan, karena banyaknya anggota dari berbagai program studi dan semester, sehingga waktu yang berbeda-beda berbenturan dengan kegiatan seperti KKL dan juga PL serta waktu latihan yang jatuh pada saat liburan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan tekad Gisanda untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Keyakinan dari sang pelatih pun turut memotivasi anggota Gisanda untuk tampil sebaik mungkin dan menunjukan bahwa Gisanada, bisa!

“Bersyukur karena punya pelatih yang tau bahwa Gisanada masih dalam rangka membangun,  beliau selalu mempercayakan sesuatu ke kita,  beliau yakin kalau kita mampu untuk mengikuti lomba ini,  beliau yakin kita bisa dapet juara ini.” Ujar Indra.

Tak sia-sia memang usaha yang ditempuh Gisanada, dengan tampil membawakan 3 buah lagu yaitu “Untukmu Indonesiaku”,  “Kampuang Nan Jauh di Mato”,  serta lagu “Marauk Manjala”, Gisanada berhasil mengalahkan kompetitor lain dan meraih juara ke 3 dalam perlombaan tersebut.

Perasaan kaget turut dirasakan, ketika MC mengumumkan bahwa Gisanada menjadi juara ke-3 dalam ajang tersebut.

“Kalau perasaan, dibilang kaget pasti kaget. Karena diawal itu kita ngeliat yang daftar adalah kompetitor yang terbaik.” Tambah Indra.

Setelah kemenangan dalam ajang ini, Gisanada ingin terus mengukir prestasi di ajang  perlombaan paduan suara lainnya. Agar dapat mewujudkan visi misi gisanada yang berorientasi pada prestasi dan promosi yang sejalan pula dengan visi misi Universitas Djuanda Bogor.

“Harapannya kita terus membawa prestasi untuk nama Gisanada sendiri dan juga kampus.  Lewat event-event yg kita ikuti, agar orang dapat lebih mengenal kampus kita.” Pungkas Indra. LSP – MPR