Sharing Session, Biro Inovasi dan Hilirisasi Mengajak Mahasiswa Berinovasi

Sharing Session, Biro Inovasi dan Hilirisasi Mengajak Mahasiswa Berinovasi

Blog Single

Sharing Session, Biro Inovasi dan Hilirisasi Mengajak Mahasiswa Berinovasi

Pada hari Selasa, 7 Maret 2023, Biro Inovasi dan Hilirisasi Universitas Djuanda melaksanakan kegiatan acara Sharing Session dan Sosialisasi Kontes Inovasi Bisnis. Kontes Inovasi Bisnis dilaksanakan setiap tahun kerjasama Biro Inovasi dan Hilirisasi, Biro Kemahasiswaan dan BEM Fakultas (secara bergiliran).

 

Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan merupakan asset masa depan bangsa yang memiliki potensi dan energi yang besar untuk diasah dan dikembangkan kreativitasnya sebagai calon penerus dan pemimpin bangsa, guna peningkatan mutu pembangunan bangsa dan negara. Membentuk potensi penerus bangsa tersebut, maka mahasiswa perlu diberi peluang dan tantangan tersistematis guna meningkatkan mutu kreativitas, mental dan perilakunya.

 

Sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini mahasiswa harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa. Yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil dan menengah, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

 

Pada kesempatan tersebut, Mahmud Danil, S.A.P., selaku Kepala Bagian Inovasi mengatakan bahwa Kontes Inovasi Bisnis Wirausaha Muda Universitas Djuanda yang diselenggarakan oleh Universitas Djuanda merupakan sebuah kegiatan sistematik dan berkelanjutan yang dilakukan untuk mendorong munculnya wirausahawan muda berbasis inovasi dan sejalan dengan misi Universitas Djuanda. Kontes Inovasi Bisnis pada dasarnya merupakan tahap awal dari penyusunan business plan competition. Melalui kontes inovasi Bisnis Wirausaha Muda Universitas Djuanda, diharapkan akan terwujud Wirausahawan Muda baru yang berdaya saing tinggi.

 

KONTES INOVASI BISNIS UNIDA adalah kegiatan Seminar Kewirausahaan, Kontes Produk Inovasi dan penganugerahan Inovator Universitas Djuanda. Adapun Seminar Kewirausahaan dilaksanakan sebagai sarana bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan sekaligus memfasilitasi siswa dan mahasiswa melalui seminar dengan para pebisnis yang bertujuan untuk memotivasi peserta agar dapat merubah paradigma peserta agar tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan yang memiliki mental serta keberanian yang tinggi. Kontes Produk Inovasi adalah perlombaan produk inovasi yang diikuti oleh siswa dan mahasiswa sebagai salah satu upaya peningkatan jumlah innovator baru di lingkungan universitas Djuanda. Sedangkan penganugrahan merupakan pemberian apresiasi kepada para innovator UNIDA yang telah memenangkan berbagai perlombaan baik nasional ataupun internasional.

 

Menurut Mahmud Danil S.A.P. Kepala Bagian Inovasi mengungkapkan “kegiatan inovasi bisnis di Unida bertujuan menjaring  mahasiswa Inovatif untuk Mengembangkan produknya baik di lingkungan kampus  atau diluar kampus dan hasil dari produk inovasi akan dibimbing serta dikembangkan untuk diikutsertakan dalam PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Kompetensi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (EXPO KMI), Gelar Inovasi Daerah (GID), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), proses pendaftaran HKI dan kegiatan lainnya” Mahmud Danil melanjutkan bahwa dalam kegiatan Kontes inovasi Bisnis ini dapat dilakukan beberapa rangkaian acara seperti Seminar Kewirausahaan dan penguatan produk inovasi tingkat nasional, Kontes Produk Inovasi dengan peserta SMA/SMK sederajat dan Mahasiswa tingkat Nasional serta Penganugerahan inovator award kepada para inovator UNIDA.

 

Dalam kegiatan sharing ini juga Mahmud Danil menjelaskan cara penyusunan ICP dan Proposal yang baik. Kriteria penilaian dikembangkan dengan tujuan agar proposal bisnis yang diajukan benar-benar didasarkan pada produk inovatif yang berdaya saing tinggi dan mempunyai prospek bisnis yang baik.

 

Selain itu, pada kesempatan tersebut peserta dikenalkan dengan salah satu inovasi tahun 2022 yang berawal dari kontes inovasi bisnis hingga menjuarai perlombaan inovasi lainnya yaitu inovasi Mahasiswa Fakultas Pertanian, Prodi Akuakultur atas nama Ahmad Luth Faizi dengan judul “Pemanfaatan Lahan Rumah Tangga Perkotaan Untuk Budidaya Pembesaran Udang Vanamae”, setelah itu lolos program P2MW dengan judul “Wirausaha Budidaya Udang Vanamae Litopenaeur Vannamei” bersama mitra nelayan musiman dengan menerapkan system semi intesif berbasis teknologi tepat guna, kemudian menjadi juara tiga pada program  budidaya udang vaname menggunakan kolam bulat dengan teknologi sistem semi intensif yang diberi nama “VoC (Vannamei of Aquaqulture)” pada program JAPFA Aquaqulture Innovaction Competition Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia

Related Posts: