Semangat Jurnalis Kampus, FISIP Unida Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Rudi Hartono - 05 Nov 2018

Semangat Jurnalis Kampus, FISIP Unida Gelar Pelatihan  Penulisan Artikel Ilmiah

METROPOLITAN – Untuk meningkatkan publikasi para mahasiswa yang tengah menjalani skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Prodi Sains Komunikasi dan Prodi Ilmu Administrasi Publik, Universitas Djuanda (Unida) Bogor mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, di Lantai 3 Gedung FISIP Unida, akhir pekan lalu.

DEKAN Fisip Unida, Denny Hernawan mengatakan, berdasarkan data Kemenristek Dikti, peringkat Unida mengalami kenaikan pada tahun ini. Pada 2017 lalu, Unida berada di posisi 75, sedangkan tahun ini melonjak ke peringkat 66. Menurutnya, hal itu dipengaruhi publikasi-publikasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswa.

“Itu jadi salah satu indikator peningkatan prestasi dalam pencapaian peringkat, khususnya mahasiswa peserta skripsi. Yang wajib membuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” kata Denny kepada Metropolitan, kemarin.

Selain itu, sambung dia, juga sebagai syarat prosedural untuk dapat melaksanakan seminar hasil. Sertifikat pelatihan untuk mahasiswa peserta skripsi kali ini juga sebagai syarat menuju pelaksanaan seminar kolokium. Denny berharap, dengan pelatihan ini, peserta semakin paham tentang penulisan artikel ilmiah, hingga proses submitter yang memberikan tutorial dalam hal teknis.

“Tentunya bakal lebih mengasah kemampuan dan kualitas publikasi ilmiah, seiring dapat mendongkrak prestasi yang lebih baik,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Program Studi Sains Komunikasi, Maria Fitriah menuturkan, kampus yang punya jargon kampus bertauhid itu mampu memboyong segudang prestasi, dan bersaing secara akademik.

“Artikel ilmiah yang masuk dalam Jurnal Komunikatio sebagai jurnal di Prodi Sains Komunikasi dan Jurnal Governansi, sebagai jurnal di Prodi Ilmu Administrasi Publik ini, berasal dari peneliti eksternal. Selain dari dosen dan mahasiswa Fisip Unida,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, para pembicara yang mengisi materi diantaranya, Denny Hernawan sebagai pemateri prosedural dalam kebijakan, Maria Fitriah sebagai pemateri panduan penulisan artikel ilmiah, Afmi Apriliani sebagai pemateri teknik submitted artikel ke Open Journal Systems (OJS), dan Berry Sastrawan sebagai pemateri teknik penyusunan daftar pustaka melalui mendeley. (ryn/b/yok – Harian Metro)

 

Link:

Semangat Jurnalis Kampus FISIP UNIDA GELAR PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH