8 Hal Baru yang Terdapat di Windows 11, Tertarik Coba?

8 Hal Baru yang Terdapat di Windows 11, Tertarik Coba?

Blog Single

Windows 10 sudah diluncurkan sejak 2015. Kini, perusahaan software terbesar di dunia ini tengah mempersiapkan sistem operasi generasi terbaru.

Microsoft dijadwalkan akan merilis Windows generasi terbaru pada minggu depan, ada yang menyebutnya sebagai Windows 11.

Tampilan interface pengguna Windows 11 dan menu Start tersebut terlihat sangat mirip dengan tampilan Windows 10X yang sebelumnya juga bocor ke publik.

Akan tetapi nama tersebut belum pasti karena Microsoft sejauh ini hanya melabelinya dengan sebutan 'Windows generasi selanjutnya'.

Sebutan Windows 11 sendiri sebenarnya agak mengganjal, karena Microsoft pernah berjanji kalau Windows 10 akan jadi nama terakhir dari sistem operasi mereka.

Dalam bocoran yang sudah beredar, terlihat tampilan dan berbagai hal baru dari sistem operasi tersebut. Berikut bocoran hal yang baru dari Windows 11 dilansir dari Detik

  • Icon taskbar berada di tengah, yang membuat Windows menjadi terlihat seperti macOS. Tenang, posisinya ini bisa dikembalikan ke bagian kiri layar, kok.
  • Tak ada live tile untuk aplikasi yang ditahan di menu Start.
  • Logo Windows baru, yaitu empat buat persegi yang berukuran sama, bukan trapesium (sebenarnya persegi namun dengan perspektif yang miring) seperti yang dipakai Microsoft sejak mereka merilis Windows 8 pada 2012.
  • Semua logo Windows sudah didesain ulang dengan gradasi warna yang lebih beragam dan dengan tampilan agak 3D.
  • Windows akan tampil dengan lebih banyak sudut yang membulat.
  • Tombol maximize akan punya beberapa opsi. Yaitu side by side, grid of three atau grid of four.
  • Wallpaper baru
  • Kembalinya lagu yang muncul saat PC baru dinyalakan dan masuk ke Windows.

Selain hal yang sudah tertera di atas, Microsoft juga kabarnya akan memperbarui Microsoft Store.

Rumor juga menyebutkan Microsoft akan mengizinkan platform pembayaran pihak ketiga di aplikasi, sehingga developer bisa menghindari komisi 15% yang diambil Microsoft setiap pembelian aplikasi, dan komisi 12% untuk game.

Namun hal ini belum ada di Windows 11 yang bocor ke publik. Rencananya Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang.

Fabian Pratama Kusumah . June 21, 2021. https://teknologi.id/insight/8-hal-baru-yang-terdapat-di-windows-11-tertarik-coba

Related Posts: