Cara Membuat Breakout Rooms, Ruang Obrolan Tambahan di Zoom

Cara Membuat Breakout Rooms, Ruang Obrolan Tambahan di Zoom

Blog Single

Selama pandemi, popularitas aplikasi video conference Zoom kian meroket. Zoom banyak digunakan sebagai sarana tatap muka untuk bekerja hingga mendukung kegiatan belajar mengajar secara online.

Zoom turut dibekali dengan serangkaian fitur untuk mempermudah penggunanya. Salah satu fitur yang dimaksud adalah Breakout Rooms.

Mungkin fitur ini tidak terlalu familiar bagi banyak orang. Breakout Rooms merupakan fitur yang memungkinkan pengguna dapat membuat ruang obrolan tambahan dalam satu sesi pertemuan.

Lewat Breakout Rooms, pengguna yang berperan sebagai host bisa membagi pertemuan dalam beberapa kelompok, dan menempatkan peserta di setiap kelompok tersebut.

Sejatinya, fitur ini berguna untuk mempermudah host ketika ingin melakukan rapat dengan beberapa kelompok sekaligus, tanpa harus membuat undangan secara terpisah.

Dengan begitu, pertemuan yang dilakukan dengan sejumlah kelompok secara bersamaan dapat mempersingkat waktu.

Untuk keperluan pembelajaran online, fitur ini berguna apabila seorang guru ingin membagikan materi tugas kepada beberapa kelompok sekaligus.

Sementara untuk kepentingan bekerja, Breakout Rooms bisa dimanfaatkan ketika host ingin membagi ruang rapat untuk setiap divisi.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Breakout Rooms di aplikasi Zoom? Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari How To Geek, Kamis (18/3/2021).

Cara membuat Breakout Rooms di Zoom:

  1. Perlu dicatat, fitur ini hanya muncul untuk pengguna yang berperan sebagai host dan menjalankan aplikasi Zoom via desktop baik PC maupun laptop.
  2. Untuk mengaktifkan fitur Breakout Rooms, pertama klik "My Account" di pojok kanan atas.
  3. Lalu, pilih "Personal" kemudian klik "Settings".
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan menu "In Meeting (Advanced)".
  5. Nantinya akan muncul toggle "Breakout Rooms", Anda cukup menggeser ke kanan untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  6. Anda juga harus mengaktifkan opsi "Allow host to assign participants to breakout rooms when scheduling". Tujuannya yaitu untuk memilih dan menyetujui permintaan partisipan sebelum masuk ke dalam ruang obrolan.
  7. Setelah pengaturan selesai, klik "Save" di bagian bawah untuk menyelesaikannya.

Cara menggunakan Breakout Rooms:

  1. Setelah mengaktifkan fitur "Breakout Rooms" di menu pengaturan, Anda bisa langsung membuka tampilan utama.
  2. Fitur "Breakout Rooms" akan muncul di samping kanan ikon "Record".
  3. Klik ikon "Breakout Rooms" untuk mengatur beberapa opsi yang tersedia. L
  4. Setelah di klik, akan muncul sebuah pop-up dengan tiga opsi sebagai berikut: Assign Automatically: Zoom akan menempatkan peserta secara acak di sejumlah ruang yang tersedia. Assign Manually: Host dapat menentukan siapa peserta dan ruang pertemuan mana yang sesuai. Let Participants Choose Rooms: Membebaskan peserta untuk memilih ruang pertemuan mana yang akan ia kunjungi. 
  5. Pilih salah satu dari ketiga opsi di atas, lalu klik tombol "Create" untuk menyetujui.
  6. Sebagai contoh, jika Anda memilih opsi "Assign Manually", maka tampilannya seperti di bawah ini.
  7. Ketika mengklik "Assign", Anda bisa membuat beberapa ruangan dan menentukan siapa saja partisipan yang akan bergabung di dalamnya.
  8. Anda juga bisa menentukan durasi setiap ruang obrolan serta mengaktifkan countdown sebagai penanda sebelum ruang obrolan ditutup.
  9. Saat sesi ruang obrolan berlangsung, Anda bisa mengirim pesan atau membagikan informasi kepada seluruh partisipan dalam waktu yang bersamaan.
  10. Caranya, Anda cukup memilih opsi "Broadcast Message to All" lalu tuliskan pesan apa yang akan dibagikan, kemudian klik tombol "Broadcast".
  11. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa langsung meng-klik "Open All Rooms" untuk dapat bergabung kembali seperti di awal.
  12. Jika ingin menyelesaikan sesi rapat di setiap ruang, Anda cukup memilih opsi "Close Rooms" untuk menutup ruang obrolan.
  13. Nantinya, seluruh partisipan dari setiap ruang obrolan bisa memilih, apakah mereka ingin kembali bergabung dalam sesi rapat atau keluar dari panggilan Zoom tersebut.

Selamat Mencoba !


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Breakout Rooms, Ruang Obrolan Tambahan di Zoom", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2021/03/19/20060047/cara-membuat-breakout-rooms-ruang-obrolan-tambahan-di-zoom?page=2.
Penulis : Conney Stephanie
Editor : Reska K. Nistanto
????

Related Posts: